Selamat Datang di Dokter-Sains Blog
Selamat Datang di Dokter Sains Blog. Dokter Sains Blog ini saya buat dengan maksud mengajak kepedulian kita dalam Pelestarian Lingkungan Hidup.


Pelestarian Lingkungan Hidup bukan demi Paus Bungkuk, bukan demi Penyu Belimbing, dan bukan juga demi Badak Jawa, tetapi demi kelangsungan hidup manusia sendiri. Mari kita sinsingkan baju, gerakkan tangan, ubah hidup kita jadi lebih bermakna dengan melestarikan lingkungan hidup.

Demikian maksud dibuatnya Dokter Sains Blog. Mohon saran dan masukkan netter sekalian untuk peningkatan blog ini. Terimakasih.

Jumat, 29 Oktober 2010

Stop Global Warming dengan Internet

Dewasa ini, internet telah menjadi kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Dengan teknologi informasi tersebut kita dapat mengakses dan menemukan segala jenis informasi di seluruh dunia dengan cepat, mudah, dan pastinya juga simpel. Kebutuhan akan internet berdampak langsung pada peningkatan jumlah pemakai setiap tahun di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet untuk 2008 mencapai 25 juta atau sekitar 10 persen dari total penduduk, tumbuh 1000 persen di bandingkan dengan tahun 2000 yang penggunanya hanya berkisar 2 juta orang.

Semenjak kemunculannya pada tahun 1966, internet secara pelan-pelan merubah cara kita mengunyah informasi. Kini, makin banyak orang – termasuk saya sendiri – lebih asyik dan nyaman membaca informasi melalui media online, dan bukan melalui media cetak seperti buku, majalah dan koran. Tanpa disadari, kebiasaan mengkonsumsi berita online ini berdampak sangat baik untuk keselamatan bumi. Salah satunya adalah pengurangan pemakaian kertas.Seperti yang kita ketahui bahwa kertas merupakan bahan baku dari industri media cetak dan perbukuan. Untuk mengolahnya diperlukan kayu yang kemudian diolah menjadi pulp (bubur kertas). Ribuan industri media cetak (koran, majalah, buku, tabloid,dll) di dunia dengan oplah jutaan eksemplar setiap harinya memerlukann ribuan ton kertas sebagai bahan utama per harinya. Itu artinya dibutuhkan ribuan pohon hanya untuk mensupplay bahan baku di industri tersebut.

Tak sampai di situ saja. Diseluruh bidang industri di dunia pasti memerlukan kertas sebagai media operasional. Mulai untuk kegiatan transaksi jual-beli, kegiatan operasional, media untuk standard operating procedure, dan kegiatan komunikasi antar bagian dan perusahaan.

Kini dengan internet media cetak bisa diubah dalam bentuk e-paper (koran elektronik). Dengan e-paper penggunaan bahan baku kertas tidak diperlukan sama sekali. Karena e-paper medianya dalam bentuk softcopy. Dan distribusi informasinya melalui jaringan internet yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan distribusi konvensional.

Demikian juga dengan industri perbukuan. Kini sudah ada teknologi digital yang bisa membuat buku dalam format ebook (buku elektronik). Dengan ebook maka penerbit bisa menerbitkan bukunya dalam bentuk softcopy. Dan tidak memerlukan kertas sama sekali. Ebook bisa disimpan dalam media simpan seperti, hard disk computer, CD, atau flash disk yang jauh lebih simpel.

Seperti yang dituliskan Wahyudi dalam “Revolusi Digital Konstribusi Nyata terhadap Pencegahan Pemanasan Global”bahwa dengan ebook penerbit bisa menekan biaya produksi hingga 99%, karena ebook tidak memerlukan bahan baku kertas sama sekali dan juga biaya percetakan. Kelebihan lain dari ebook adalah sangat mudah didistribusikan dan tidak memerlukan tempat yang besar untuk menyimpannya.

Oleh karena itu, penggunaan internet ternyata sangat membantu untuk mengurangi efek global warming. Salah satunya adalah terselamatkannya ribuan pohon yang digunakan untuk pembuatan kertas.

Oleh Zahid Fauzi .R.

14 komentar:

Anonim mengatakan...

bumi dah puanas euy,harus sering2 online nieh. .

Zinedine Zahid mengatakan...

ya online kalau ada perlunya juga guys, kalo untuk ngehabisin uang & listrik sama saja rugi juga :)

Anonim mengatakan...

tapi apa bukannya malah perlu adanya listrik dan semakin lama listrik akan semakin berkurang. emang bener sih menyelamatkan pohon, tapi juga butuh listrik kan.

Zinedine Zahid mengatakan...

kan tidak ngenet setiap hari guys??? buktinya sekarang kamu sedang online kan? nah pastinya kamu lagi blogwalking, atau baca-baca informasi. Nah, tanpa disadari apa yang kamu lakukan itu telah mengurangi efek global warming, yeaaa walaupun listriknya habis, tapi dari pada listrik habis, ngenet ngga ada fungsi? mending dapat satu ilmu kan. Internet Kurangi Global Warming

Anonim mengatakan...

yeah! bener juga! dgn internet, biaya-biaya yg menggunakan kertas bisa dikirim melalui email. dan kertas berkurang dan otomatis kayu berkurang sich.

Zinedine Zahid mengatakan...

dan pastinya terkadang kita melakukannya untuk kepentingan pribadi, tanpa kita sadari ternyata efeknya baik !!!

Anonim mengatakan...

yup, benar. seiring dengan berkurangnya penggunaan kertas, maka ancaman bagi pohon-pohon di hutan untuk dijadikan bubuk kertaspun berkurang.
hem, tapi kalo kelamaan baca di depan kompi bisa puyeng kepalanya.

Unknown mengatakan...

ada benarnya juga ya, misalnya utk penggunaan kertas jadi tidak terlalu perlu lagi.
jadi, bisa mengurangi pemotongan kayu dan mudah2an hutan jadi tambah lebat dan subur, dan pastinya lagi dapat mencegah erosi dan banjir.

Anonim mengatakan...

Yup… sebenernya listrik sendiri sumbernya bisa didapat dari pemanfaatan tenaga alam, gak melulu bahan bakar !

Anonim mengatakan...

Wah saya kurang sepakat dengan pendapat ini. Kenapa hanya melihat dari 1 sudut pandang saja “penggunaan kertas”?

Penggunaan komputer, server web, internet semuanya memerlukan listrik, listrik memerlukan minyak dan seterusnya. Bayangkan berapa banyak polusi dan panas yang dihasilkan dari proses tersebut.

Belum lagi efek dari limbah elektronik yang merusak lingkungan, sedangkan kertas bisa didaurulang.

Pohon meruapakan hasil alam yang tidak akan habis, jadi saya lebih sepakat tetap menggunakan kertas, namun menebang dan menamnya harus sebanding.

Saya sarankan lakukan perhitungan matematis dulu, sebelum memutuskan mana yang lebih baik dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan dampkanya.

*Menjaga lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua*

Zinedine Zahid mengatakan...

hmmm untuk Densus Black, sepertinya anda harus membaca ulang deh postingan saya, “Tanpa disadari, kebiasaan mengkonsumsi berita online ini berdampak sangat baik untuk keselamatan bumi. Salah satunya adalah pengurangan pemakaian kertas.” itu saya quote…kenapa saya katakan bisa mengurangi global warming, karena ketika kita membaca informasi online, itu artinya secara tidak langsung kita telah mngurangi pemanasan global karena tidak perlu membeli koran lagi. bahkan informasi ilmiah sebagaimana dikutip dari detikinet.com. dikatakan Bahwa disinyalir pemanasan global yang melanda bumi sehngga meresahkan kita bisa ditolong (baca:dihambat) melalui penggunaan/akses internet berkecepatan tinggi. Ini sebagaimana disimpulkan oleh lembaga American Consumer Institute. Bagaimana hal ini bisa terjadi?.

Berikut adalah beberapa perincian penjelasannya; Bekerja dari rumah via internet meminimalisir pemakaian kendaraan dan menghemat pemakaian ruang kerja. Langkah ini meminimalisir gas rumah kaca sampai 588 juta ton. E-commerce atau perdagangan via internet menghemat pemakaian gudang pun juga memotong jalur distribusi/pengapalan. Langkah ini bisa meminimalisir gas rumah kaca sampai 206 juta ton. Rapat-rapat yang berlangsung secara teleconference via internet bisa menghemat pemakaian pesawat terbang. Langkah ini meminimalisir gas rumah kaca sampai 200 juta ton. Mengunduh (download) musik, film, dan koran via internet menghemat pemakaian kertas serta berbagai hal terkait seperti memotong jalur distribusi. Langkah ini meminimalisir gas rumah kaca sampai 67 juta ton.
Studi serupa yang dilakukan di Australia juga mengemukakan bahwa pemakaian internet bisa meminimalisir emisi karbon negeri itu sampai sejumlah 5 persen di tahun 2015.

mungkin contoh yang saya paparkan hanya penghematan kertas, kenapa? karena pemasok oksigen terbesar di dunia adalah pohon, dan yang menyerap CO2 juga tanaman. Lantas kalo ribuan pohon ditebang sehingga hutan gundul apa jadinya bumi ini? Memang tumbuhan itu renewable energi alias bisa ditanam kembali, berapa lama tanaman itu akan tumbuh? apakah selama ini yang menebang pohon menama kembali apa yang telah mereka pangkas?apa harus menunggu bumi ini tenggelam karena air hujan tak ada yang serap lagi?

saya akui penggunaan internet yang berkepanjangan akan sangat memboroskan listrik, sekarang saya tanya pada anda, berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk membaca koran? 10 menit? atau maksimal 30 menit. penelitian membuktikan kalo rata2 orang membaca berita selama 20 menit, itu kalo koneksi internetnya bagus. kita kira2 maksimal satu jam lah, nah apa itu memboroskan listrik? saya rasa anda tidak hanya membaca berita atau mendonload hal2 yang penting makanya beban listrik bertambah.

Kalo pun beban listrik bertambah, setahu saya energinya bisa diganti dengan air,

Anonim mengatakan...

hmmmmmmmmmmm…… Hebat!!! Hebat!!! Hebat!!! bener juga ya… kalo pemakaian kertas berkurang, otomatis penebangan pohonpun ikut berkurang dan global warmingpun dapat kita minimalisir. sip
sip… info yg sangat bagus...

Lestarikan Internet!!!

Yuddy TH Achsan mengatakan...

Bukan main. Ide pemikiran jenius. Saya kagum. Ternyata kamu punya bakat terpendam. Ayo, kembangkan by blogging.

Cletak Cletuk Muslimah mengatakan...

setuju gak setuju sih,emang penggunaan kertas jadi berkurang,dan banyak poon yang masih tegak.
tapi effek dari internet jg ada gak baiknya,
pa lagi buat yang msh di bawah umur,bisa berabe kalo tanpa pengawasan.

Trus da effek laen lg kacian mata tu kalo lama2 di depan kompi hehehe...(curcol.com)

Posting Komentar